Selamat Datang...

Baca postingan/artikel yang ada dengan teliti, saya tunggu komentar Anda. Thanks...

Rabu, 05 Januari 2011

Cara Membuat Blog di Blogger

Sebelum membuat sebuah Blog ada baiknya kita mengetahui apa sih blog tersebut? Apa hubungannya dengan Website, apa perbedaannya? Blog dibuat dengan tujuan masing-masing orang, bisa untuk kepentingan personal, komersial maupun organisasi. Untuk saling bertukar pikiran, opini maupun saran itulah beberapa tujuan orang membuat blog. Sebuah blog bisa dikatakan website sedangkan website belum tentu blog???. Penjelasan lengkapnya klik link disini.

Tulisan ini dibuat karena sebagian orang masih belum bisa membuat blog. Bagaimanakah membuat blog secara gratis itu?
Banyak situs yang menyediakan layanan blog secara gratis, di antaranya: Blogger.com, wordpress.com, webs.com, multiply.com dan lain-lain. Dalam tulisan kali ini penulis hanya membuat panduan cara membuat blog di Blogger.com.

Langkah pertama yang harus Anda punya adalah alamat email. Jika belum mempunyai alamat email silahkan ikuti panduannya disini.

Sebenarnya, selain email dari Gmail kita pun bisa mendaftar blog dengan alamat email yang lainya misalnya Yahoo Mail, Plasa dan yang lainya
Penulis menyarankan membuat email di gmail (google mail) karena satu layanan dengan blogger yang menyediakan layanan blog secara gratis.

Langkah-langkah mendaftar dan membuat blog di Blogger.com.
1. Masuk alamat www.blogger.com

    Akan tampil page berikut ini:



2. Selanjutnya Anda bisa memilih untuk mengklik "Memulai" atau Login dengan memasukkan alamat email dan password yang Anda punya. Disarankan langsung Login dengan alamat email Anda, maka akan tampil gambar berikut:



3. Gambar di atas menunjukkan alamat email dan nama Anda sudah terisi, Anda tinggal mengisi Nama tampilan dan cek list pada Penerimaan Persyaratan. Terus Klik tombol Lanjutkan...
4. Lalu akan muncul konfigurasi nama blog Anda seperti dibawah ini, isi judul blog dan alamat blog Anda

5. Title Blog : Anda isi dengan judul blog yang berhubungan dengan konsep blog yang akan Anda buat 
    contoh = "Masalah Kebidanan" 
    Blog URL : isi dengan nama blog Anda, bebas atau Anda bisa pakai nama Anda sendiri 
    contoh = anggie.blogspot.com
    Setelah selesai diisi, klik Lanjutkan/Continue...
6. Tampil halaman berikut:




Pilih Template/tema yang dianggap cocok, terus klik Lanjutkan...
7. Akan tampil pesan “Blog Anda Telah Diciptakan!” Anda sudah berhasil membuat blog 
 8. Pilih/klik Mulai Blogging... akan tampil halaman berikut:

9. Isi kotak Judul dengan judul posting/artikel Anda, Isi kotak di bawahnya dengan artikel yang sudah Anda siapkan. Anda bisa mengetik langsung atau copy paste dari artikel yang sudah ditulis di word misalnya.
10. Jika sudah selesai mengisi kotak di atas klik Terbitkan Entri (tombol berwarna kuning di sebelah kiri bawah). Terus akan tampil halaman berikut:

11. Posting blog Anda berhasil diterbitkan!! Anda bisa klik Lihat Blog atau di jendela baru untuk melihat hasil posting yang sudah dilakukan. Akan tampil halaman Blog Anda dengan isi artikel yang sudah dibuat.

Pada langkah tertentu kadangkala kita diminta untuk memasukkan no. HP kita untuk Verifikasi, ikuti saja...

Demikian panduan singkat cara daftar dan membuat blog di blogger. Halaman blog kita bisa dimodifikasi agar cantik dan enak dilihat dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia di blogger, misalnya mengganti Tema, Font, warna, Elemen, dan lain-lain.

Selamat ber-blog ria.


0 komentar:

Posting Komentar