Selamat Datang...

Baca postingan/artikel yang ada dengan teliti, saya tunggu komentar Anda. Thanks...

Minggu, 15 November 2009

Lima Langkah agar Windows jadi Super Cepat

Sebagai lanjutan dari posting sebelumnya, penulis akan membeberkan 5 langkah agar Windows XP Anda menjadi super cepat. Ikuti Langkah-langkah berikut ini:
1. Meng-update Driver Terbaru
Kenapa setiap menjalankan tip-trik Windows XP, Anda dianjurkan untuk meng-update driver terbaru hardware? Hal ini sangat beralasan karena dari sinilah kita memulai dan meningkatkan kinerja dari system operasi kita....
Dengan memperolah dan menginstal driver terbaru untuk hardware, dapat membuat PC Anda lebih stabil disertai dengan peningkatan performa yang lebih besar. Anda tidak perlu mengapdate driver dari setiap hardware di PC Anda, tetapi cukup update driver untuk beberapa hardware seperti motherboard, videocard, dan soundcard secara teratur. Sedangkan driver untuk keyboard, mouse, floppy disk, dan hardware lainnya perlu di-update hanya jika hardware tersebut mengalami masalah.

2. Deframentasi Harddisk Anda
Anda merasa PC berjalan menjadi lebih lambat atau ketika membuka suatu aplikasi membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya! Salah satu masalahnya dapat diakibatkan oleh kapasitas harddisk yang sudah penuh. Untuk memecahkan masalah tersebut Anda dapat melakukan analisa dan defragmentasi terhadap harddisk Anda, agar sistem file pada harddisk menjadi satu kesatuan. Sehingga tidak ada ruang kosong di antaranya yang menjadi penyebab proses operasi berjalan menjadi lebih lambat.

* Cari Tool Disk Defragmenter melalui menu Start, All Programs, Accessories, System tools, Disk Defragmenter.
* Kemudian pilih partisi harddisk, yang ingin Anda defrag. Apabila Anda ingin mengetahui terlebih dahulu apakah partisi tersebut perlu di defrag atau tidak, anda pilih Analyze. Sedangkan untuk melakukan defragmentasi langsung, klik tombol Defragment.

3. Untuk Startup yang Lebih Cepat
Beberapa aplikasi yang telah kita install, seperti Microsoft Office, Adobe Acrobat Reader, matau yang lainnya, biasanya Windows memprosesnya terlebih dahulu untuk ditampilkan ke dalam System Tray ketika kita memulai Windows XP. Hal ini cukup banyak memakan resource memory sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memulai menjadi agak lama. Untuk menghilangkannya Anda dapat menelusuri langsung ke sumbernya melalui Registry, Folder Startup, atau tool yang lainnya. Akan tetapi akan lebih mudah apabila kita menggunakan System Configuration Utility (msconfig.exe).

* Klik pada menu Start dan pilih Run. Pada jendela Run ketikkan msconfig.
* Setelah itu akan keluar jendela System Configuration Utility, kemudian pilih tab Startup.
* Pada tab Startup, dicantumkan aplikasi-aplikasi yang biasa diproses ketika Windows XP melakukan Startup. Hilangkan tanda centang untuk jumlah aplikasi yang ingin dihentikan proses startup-nya ketika Windows Xp mulai.
* Kami sarankan untuk tidak mengutak-atik aplikasi yang berkaitan dengan rundll32 pada System Configuration Utility untuk menghilangkan hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Menonaktifkan Visual Effects
Windows XP adalah sistem operasi yang sangat user friendly dengan tampilan menawan saat ini. Banyak kelebihan variasi tampilan visual yang menarik. Tetapi sayangnya kesemua itu tidak terbebas dari kebutuhan resources memory, sehingga dapat mempengaruhi kinerja performa PC anda. Ada cara mudah untuk menonaktifkan efek-efek tampilan tersebut.
Pertama-tama menggunakan System Properties:

a. Klik pada menu Start, pilih Control Panel. Setelah Jendela Control Panel terbuka klik System, maka akan terbuka Jendela System Properties. Pada bagian sebelah kanan pilih tab Advanced, setelah itu klik pada Settings. Maka akan muncul Jendela Performance Option. Pada tab Visual Effects pilih setting-an. Adjust for best performance.
Anda juga dapat memilih settingan lain sesuai dengan keinginan Anda dengan cara memilih option Custom. Klik OK jika Anda telah selesai dan tutup System Properties. Kemudian kita beralih ke Display Properties:
b. Klik kanan pada ruang kosong di Desktop Anda, kemudian pilih Properties, akan tampil jendela Display Properties. Pilih tab Appearance untuk menemukan tombol Effects. Pada jendela Effects, hilangkan semua centang untuk performa terbaik, untuk mengakhirinya klik OK.
c. Klik kanan pada ruang kosong Desktop Anda dan pergi ke Arrange Icons By kemudian hilangkan tanda centang pada Show Desktop Icons. Maka sekarang desktop Anda bersih dari icon-icon.

5. Matikan Service yang tidak perlu
Secara default, Windows XP menjalankan lebih dari 20 service dari mulai layanan wireless sampai dengan memantau kestabilan PC. Sejumlah service dapat dinonaktifkan guna menghemat penggunaan memory.
a. Untuk menonaktifkan service, Klik pada menu Start, Control Panel, kemudian pilih Administrative Tools. Setelah jendela Administrative Tools terbuka klik ganda pada shortcut Services.
b. Pada jendela Services terdapat beberapa service yang dapat di-disable, misalnya:
* Aplication Management: Fasilitas install aplikasi secara remote, bila tidak berada pada suatu jaringan maka Anda dapat mematikan layanan ini.
* Clipbook: Digunakan untuk men-share isi dari suatu clipboard melalui jaringan. Jika dirasa tidak terlalu perlu maka service ini dapat dimatikan.
* Distributed Link Tracking Client: Service ini mengotomatisasi update dari shortcut, jika file yang berhubungan dipindahkan pada sebuah jaringan. Jika Anda tidak menggunakan file server, matikan ini.
* Error Reporting Service: Layanan ini dapat dimatikan jika Anda tidak menginginkan adanya pemberitahuan ketika terjadi error dari aplikasi yang dijalankan pada Windows.
* TCP/IP NetBIOS Helper: Anda memerlukan service ini berjalan jika anda menggunakan NetBIOS melalui TCP/IP. Jika tidak, anda dapat mematikannya.
c. Untuk cara menonaktifkannya, klik ganda pada service yang akan di-disable. Kemudian akan keluar jendela Properties. Pada kotak Startup type, pilih Disabled atau Manual. Jika sudah selesai klik OK.

Menontaktifkan service yang salah dapat menyebabkan keanehan pada Windows. Maka ingatlah apa yang telah Anda lakukan terhadap Service. Apabila Windows tidka berjalan seperti biasanya, aktifkan kembali service yang telah dimatikan.


1 komentar:

  1. Wah... panjang banget tips-nya, tp mau aku coba ahh. terima kasih yaa

    BalasHapus